Minggu, 23 Desember 2012

CERITA RAKYAT


Pada dasarnya Budaya adalah cerminan suatu daerah yang mewakili sifat dan watak diwariskan oleh nenek moyang kita turun temurun.

Kesenian sandiwara rakyat pantura sekarang ini sudah sangat prihatin karena sudah melenceng dari garis besar budaya kita yang menggambarkan cerita rakyat suatu daerah sudah terkikis, apalagi  semua kesenian Sandiwara Budaya Pantura ini sudah dibumbui humor dan intinya semua sandiwara tidak pada koridornya.

Kesenian Rakyat Sandiwara CANDRA SARI merupakan satu-satunya sandiwara yang memberikan hiburan terhadap masyarakat luas dengan menitik beratkan pemain yang handal dan profisioanl serta ditunjang dengan sebuah cerita-cerita yang pasti pas dengan sumbernya. adapun sumber cerita diambil dari legenda dan cerita rakyat Indramayu tidak ada embel-embel humor atau dagel.

Seni merupakan juru pembimbing, penerang dan penghibur kalau seni ini tidak dipublikasikan atau tidak dikenalkan terhadap masyarakat maka mau ga mau akan musnah dengan tergerus oleh perkembangan jaman.

Dengan adanya Ki Dalang Abdul Basir Muslim, maka kesenian Sandiwara CANDRA SARI ini akan maju terus karena semua para pemain akan percaya dengan keberadaan cerita dan nilai bobot sejarahnya.

Mudah mudahan kedepan SANDIWARA CANDRA SARI merupakan sandiwara pelopor yang tidak akan musnah diterjang zaman.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar